BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA

Persembahyangan Bersama di Pura Pasar Agung Giri Tolangkir

"ILMU TANPA AGAMA BUTA, AGAMA TANPA ILMU LUMPUH" (Albert Einstein).
Pepatah tersebut mengingatkan kita untuk berusaha menyeimbangkan antara ilmu dan keimanan kita dalam beragama, tidak terkecuali bagi siswa-siswa SMPN 3 Selat. Maka dari itu sebagai usaha untuk mempertebal rasa keimanan pada Agama Hindu, pada tanggal 14 Nopember 2014 seluruh anggota OSIS dan siswa-siswa SMPN 3 Selat dengan didampingi oleh beberapa guru dan staff mengadakan persembahyangan bersama di Pura Pasar Agung Giri Tohlangkir Desa Sebudi-Selat. Persembahyangan ini juga terkait karya Panca Wali Krama, Wana Kertih dan Pujawali Purnama Kalima yang puncaknya pada tanggal 23 Oktober 2014 lalu dan berakhir pada tanggal 21 Nopember 2014 yang akan datang.
Maka sebagai wujud rasa bakti kita kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, di tengah kesibukan siswa-siswa dan guru-guru dalam mempersiapkan kegiatan Ulangan Akhir Semester Ganjil kami menyempatkan diri untuk melakukan puja bakti kehadapan-Nya. Peserta berkumpul di sekolah dan berangkat menggunakan 2 unit bus pada pukul 14.00 Wita. Sampai di lokasi peserta harus berjuang menaiki ratusan anak tangga untuk bisa sampai di pura. Rasa lelah terbayarkan setelah peserta sampai di pura karena kita disuguhkan pemandangan yang indah mengingat Pura Pasar Agung ini terletak di lereng atas Gunung Agung. Sampai di pura peserta langsung menuju Pura Melanting untuk melakukan pesembahyangan awal sebelum kita menuju Pura Penataran Agung. Setelah bersembahyang di Pura Melanting peserta melanjutkan persembahyangan di Pura Penataran Agung. Usai melakukan persembahyangan peserta kembali berhadapan dengan ratusan anak tangga tadi untuk menuju tempat parkir kendaraan. Sampai di parkir, peserta istirahat sejenak kemudian melanjutkan perjalanan menuju sekolah kembali.
Kegiatan ini bertujuan untuk memohon keberhasilan dan kesuksesan siswa dan guru dalam menghadapi Ulangan Akhir Semester yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Nopember 2014 sampai 2 Desember 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar