BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA

KIBAR (Kemah Ilmiah BAkti beRsama) Persami Pramuka Gudep Karangasem 05.009-05.010 SMPN 3 Selat

Upacara Pembukaan Persami Dipimpin Kamabigus
Berkemah memang memiliki arti tersendiri bagi seorang pramuka sejati. Seorang pramuka akan membawa berjuta kesan disaat ia baru pulang berkemah di alam terbuka. Kesan menggembirakan, menyedihkan dan bahkan mengharukan berkecamuk menjadi satu dalam kenangan yang tak terlupakan,, (ciiyaaahh,,, hiperbola).
Perkemahan Sabtu Minggu, Persami merupakan salah satu program kegiatan Pramuka Gugus Depan 05.009-05.010 yang bermarkas di SMP Negeri 3 Selat. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari hari Sabtu tanggal 11 Oktober 2014 sampai dengan Hari Minggu tanggal 12 Oktober 2014 yang bertempat di lapangan sekolah. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah pembina pramuka SMP N 3 Selat, Tim Pembina Pramuka dari DKR (Dewan Kerja Ranting) Selat, DKC (Dewan Kerja Cabang) Karangasem dan Kepala Sekolah selaku Kamabigus.

Jegeg Bagus: Para Pembina Pramuka
Pemberian Materi Kepramukaan 
Persami anggota penggalang SMP N 3 Selat dimulai pada hari sabtu pukul 13.00 Wita diisi dengan pendirian tenda, pendirian tiang bendera, persiapan tempat memasak dan gladi upacara pembukaan. Kemudian pada pukul 14.00 Wita dilakukan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Kamabigus Drs. I Nyoman Widiarta, M.Si. Dalam amanatnya beliau berpesan kepada seluruh anggota pramuka penggalang bahwa kegiatan Persami ini memiliki banyak manfaat dan nilai positif yang dapat membentuk karakter siswa yang berani, disiplin, bertanggungjawab, saling menghormati, dapat dipercaya, tekun, peduli, jujur, tulus ikhlas, dan berintegritas tinggi. Usai mengikuti Upacara Pembukaan, semua anggota pramuka dipersilakan menuju tenda masing-masing untuk mulai beraktifitas mempersiapkan hidangan sederhana yang tentunya dilombakan (Lomba Memasak). Kegiatan kemudian dilanjutkan sampai malam hari dengan pemberian materi kepramukaan yang disajikan oleh Tim Pembina DKR Selat dan DKC Karangasem. Tepat pukul 23.00 Wita dilakukan kegiatan Upacara Api Unggun bertempat di lapangan sekolah. Dalam kegiatan api unggun ini anggota pramuka menampilkan yel-yel dan spontanitas dari masing-masing regu.
Upacara Api Unggun
Pos 5: Pos Patriotisme Kebangsaan
Keesokan harinya yaitu pada hari minggu pagi dilaksanakan kegiatan senam bersama, kemudian pencarian tanda jejak dengan long march menyusuri alam terbuka di sekitar sekolah untuk menemukan pos-pos pemberhentian yang sudah disiapkan oleh para pembina. Dalam pos-pos tersebut anggota pramuka penggalang diberikan tes berupa materi-materi terkait wawasan kebangsaan, keterampilan baris berbaris, keterampilan memecahkan sandi dan membuat simpul yang harus diselesaikan agar bisa melanjutkan ke pos-pos selanjutnya. Acara kemudian dilanjutkan kembali di sekolah dengan kegiatan penghijauan, ramah tamah dan Upacara Penutupan Persami.
Kegiatan Penghijauan
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun kerjasama antar anggota penggalang, memupuk rasa kekeluargaan dan solidaritas, membina mental dan disiplin penggalang pramuka SMPN 3 Selat. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat dihasilkan putra putri penggalang yang cerdas, trengginas dan menjadi teladan bagi teman-teman yang lainnya. Semoga....
SALAM PRAMUKA!!!
Foto Bersama Pembina


Kak Agung a.k.a Sablenk




Upacara Penutupan Persami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar