BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA

Jambore Ranting (JAMRAN) Selat 2014



Perwakilan Pramuka SMPN 3 Selat
Pramuka Satuan Penggalang Tingkat Kwartir Ranting Kecamatan Selat melaksanakan Perkemahan  dalam kegiatan Jambore Ranting Selat 2014 (Jamran) diikuti 760 orang pramuka dan untuk kegiatan KMD diikuti oleh guru-guru dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK Kec. Selat sebanyak 131 orang guru, dibuka Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH (27-9-2014) di  Lapangan Umum Kecamatan Selat.
Ka. Kwaran Selat Dra. I Gusti Ayu Gede, melaporkan, pelaksanaan perkemahan besar Satuan Pramuka Penggalang Tingkat Kwartir Ranting Kecamatan Selat  dengan nama Jambore Ranting Selat  2014 (Jamran) diikuti 760 orang 131 guru peserta KMD dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK Kec. Selat. Kwaran Selat memiliki pembina aktif yang berkualifikasi KMD sebanyak 119 orang, berkualifikasi KML 4 orang serta didukung Pelatih dengan kualifikasi KPD 3 orang (2 orang sudah purnabakti) dan dengan kualifikasi KPL 1 orang (sudah purnabakti). Untuk itu  dilakukan motivasi dalam menumbuhkan pembina pramuka yang handal melalui Kursus Pembinaan Pramuka Tingkat Mahir Dasar secara swadana.
Adapun tujuannya  agar mereka menjadi manusia yang berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur yang: tinggi metal, moral, budi pekerti, kuat keyakinan agamanya, tinggi kecerdasan dan keterampilannya, kuat sehat jasmani dan rohani.  Untuk menjamin keserasian, keselarasan dan kesinambungan dalam usaha pembinaan generasi muda melalui pendidikan kepramukaan maka gerakan pramuka berusaha mengadakan hubungan yang erat dan kerja sama anggota penggalang.
Dikatakan, tujuan  pelaksanaan Jambore Ranting Selat Tahun 2014 untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma. Adapun sasarannya  adalah meningkatnya ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, terbinanya tali persaudaraan dan ikut serta membangun jati diri bangsa, meningkatkan pengembangan mental, fisik, pengetahuan, jiwa kepemimpinan, dan kepercayaan diri, meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara,  dan menambah pengalaman keterampilan.
Peserta Kegiatan Jambore Ranting Selat 2014 adalah Pramuka Penggalang di Sekolah Dasar yang berjumlah 68 regu (34 regu putra dan 34 regu putri) dan SMP berjumlah 8 regu (4 regu putra dan 4 regu putri). Sehingga secara keseluruhan peserta berjumlah 760 orang. Dan untuk kegiatan KMD diikuti oleh guru-guru dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK Kec. Selat sebanyak 131 orang guru. Perdanaan Jamran Selat 2014, berasal dari pendaftaran peserta dimana pendaftaran setiap regu besarnya Rp. 150.000,- serta bantuan dari para donatur peduli kegiatan kepramukaan yang tidak sempat disebutkan namanya. Total anggaran yang dipergunakan untuk mendanai kegiatan ini sebesar Rp. 12.100.000,- yang berasal dari swadana peserta.
Bupati Karangasem I Wayan Geredeg. SH mengatakan,  gerakan pramuka yang terbukti telah banyak memberikan andil yang besar dalam rangka menyelamatkan dan menanamkan pada generasi muda rasa nasionalisme, patriotisme serta cinta damai.  Sebagai generasi penerus pramuka harus berupaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman agar pada saatnya nanti benar-benar menjadi generasi yang telah siap menerima tongkat estafet penerus perjuangan bangsa serta penerus pembangunan di negeri ini.
Bupati Geredeg menyampaikan  terima kasih dan apresiasi kepada Kwaran Selat yang telah dapat menyelenggarakan Jambore Ranting dan KMD Tahun 2014. Jambore dan KMD ini memiliki nilai yang strategis untuk memberikan pendidikan karakter kepada generasi penerus kita. Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam melaksanakan misi pembangunan di bidang sumber daya manusia telah berupaya semaksimal mungkin sesuai situasi dan kondisi yang ada, dengan menempuh berbagai kebijakan, strategi dan program yang dijalankan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, baik melalui kegiatan yang bersifat formal maupun non formal. Dalam mendorong kiprah dan peran serta gerakan pramuka, telah diupayakan melalui dukungan pendanaan untuk kelembagaan berbagai event kepramukaan guna memotivasi kecintaan terhadap pramuka, sebagai lembaga yang sudah terbukti mampu menumbuhkan dan mencetak generasi muda yang terampil, handal, disiplin dan terpecaya.
Kepada seluruh insan pramuka, saya berpesan agar terus mengibarkan janji-janji kepramukaan dikalangan generasi muda, dalam rangka menjaga dan mengawal 4 pilar tatanan berbangsa bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang harus senantiasa bergema dan bergaung untuk ditanamkan dan dilestarikan keberadaannya di setiap lubuk hati setiap insan generasi muda bangsa Indonesia.
Dikatakan, gerakan pramuka adalah gerakan pendidikan kepanduan nasional Indonesia, satu-satunya organisasi yang diberikan tugas untuk melaksanakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, dalam rangka membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia, untuk membentuk kader pembangunan yang siap melaksanakan pembangunan masyarakat bangsa dan negara. Pendidikan yang diselenggarakan oleh gerakan pramuka merupakan suatu gerakan non formal, yaitu pendidikan yang dilaksanakan di luar pendidikan keluarga dan sekolah. Namun pendidikan kepramukaan itu merupakan penunjang bagi pendidikan di sekolah ataupun dalam lingkungan keluarga, antara lain mengenai disiplin, keterampilan, persaudaraan, bakti terhadap masyarakat dan pembuatan watak. (Dikutip dari Harian Bali Post, Selasa 30 September 2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar