BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA

Perayaan Hari Raya Saraswati SMP N 3 Selat



Om Swastyastu (Semoga pemikiran yang baik datang dari segala arah)

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang maha Esa karena atas karunia-Nya kami diberikan kesehatan, kemudahan, dan pikiran yang cemerlang sehingga kami bisa melaksanakan tugas dengan baik dan sebagaimana mestinya. Untuk kesempatan ini, kami juga sekaligus menyampaikan terima kasih kepada para pembaca atau follower blogger ini yang telah memberikan doa restu serta dukungannya sehingga kami bisa terus meningkatkan kinerja demi menyukseskan visi dan misi SMP Negeri 3 Selat yang tercinta untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Untuk kali ini, info yang kami share adalah tentang perayaan Hari Raya Saraswati yang dirayakan pada rahina Saniscara Umanis Watugunung tanggal 10 Agustus 2013 yaitu perayaan turunnya ilmu pengetahuan bagi kehidupan semua makhluk yang menerangi gelapnya pikiran dan menghilangkan segala jenis kegelapan jiwa. Seperti halnya matahari yang terbit dan menyinari alam semesta sehingga segala kebenaran akan terlihat. Itulah sedikit filosofis yang bisa ditangkap dalam makna Hari raya Saraswati dimana sebelumnya yaitu pada hari Jumat pagi, semua siswa, guru, dan staf pegawai berpartisipasi ngayah di padmasana menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk itu. Di antaranya, ada yang membuat penjor, memasang hiasan-hiasan, umbul-umbul, wastra atau pengangge untuk di setiap pelinggih, membuat banten gebogan, dan lain-lain. Walaupun pada waktu ngayah hujan turun dengan lebatnya, tetapi itu bukanlah sebuah penghalang untuk tetap semangat dalam mempersiapkan perayaan. Semuanya sibuk dengan bidang tugasnya masing-masing dengan penuh semangat dan riang.
            Pada saat hari H, tibalah puncak perayaanya dimana semua siswa dan guru sudah hadir pada pukul 08.00 Wita  dengan menyiapkan upakara yang sudah dibawa masing-masing dari rumah. Dalam proses persembahyangan, semua mengikuti dengan tertib dan khusuk, yang juga diiringi dengan lantunan kidung  wargasari dari siswa serta lantunan suara gong. Memohon karunia khususnya pada Dewi saraswati sebagai sakti dari Dewa Brahma yang berkarunia segala pengetahuan, agar diberikan tuntunan dan pemikiran yang terang sehingga bisa tercapai apa yang dicita-citakan. Kami sebagai warga SMP Negeri 3 selat sangat bersyukur bisa melaksanakan perayaan kali ini seperti di tahun-tahun yang sudah lewat dalam keadaan sehat dan lancar. Harapan kami semoga dengan perayaan Saraswati ini bisa bermakna di setiap pikiran dan jiwa serta bisa diimplementasikan dalam kehidupan kaitannya dengan segala proses pembelajaran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa agar tercipta sumber daya manusia Indonesia yang unggul, bermartabat dan religius dengan semboyan VIDYA PURUSOTAMA ÇANTHA.
 Om Çanthi, Çanthi, Çanthi Om.
 (Budiarta)
                                                                                                                                
                                                                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar