BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA

Lomba Gerak Jalan Memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-68


Om Swastyastu (Semoga pemikiran yang baik datang dari segala arah)
            Peringatan hari kemerdekaan RI tahun ini tidak kalah semaraknya dengan tahun-tahun yang sudah lewat meskipun dilanda hujan. Bendera merah putih berkibar dimana-mana menghiasi dan meramaikan suasana HUT RI ke-68. Di samping itu juga diadakan berbagai jenis lomba yang diikuti oleh semua instansi atau lembaga. Salah satu lomba yang menjadi favorit khususnya di setiap sekolah yaitu gerak jalan. Untuk itu SMP Negeri 3 Selat selalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba tersebut. Kategori yang diikuti yaitu lomba gerak jalan siswa SMP tingkat kabupaten, gerak jalan siswa SMP tingkat kecamatan, dan gerak jalan umum yang diikuti oleh para guru di tingkat kecamatan.

             Gerak jalan siswa tingkat kabupaten merupakan event yang diikuti untuk pertama kalinya bagi siswa SMP Negeri 3 Selat. Meskipun merupakan penampilan perdana di tingkat kabupaten di tahun ini, tetapi para siswa sudah siap sedia untuk tampil dengan maksimal. Dimana ada 2 pleton yang dikirim dalam event yang diadakan pada hari Jumat tanggal 2 Agustus 2013 pada siang hari  itu,  yaitu 1 pleton putra dan 1 pleton putri. Startnya dari GOR Gunung Agung yang langsung dilepas oleh bupati Karangasem Bapak I Wayan Geredeg, melewati kota kemudian finish di GOR Gunung Agung lagi. Memang saingan peserta di tingkat kabupaten sangat banyak dan ketat tetapi itu juga bisa dijadikan sebuah pengalaman dan inspirasi untuk terus meningkatkan diri. Walaupun belum bisa menembus predikat juara tetapi setidaknya para siswa bisa mendapatkan suatu pengalaman baru yaitu berlomba dengan semua siswa SMP sekabupaten Karangasem sebagai suatu perbandingan.
            Untuk kategori lomba gerak jalan siswa SMP putri tingkat kecamatan, diikuti oleh para siswa sebanyak 5 pleton yang diadakan pada hari Selasa tanggal 6 Agustus 2013 startnya di depan Balai Banjar Desa Wates Tengah dan finish di Lapangan Umum Selat yang dimulai pada pukul 7.30 Wita. Walaupun dalam situasi hujan deras yang terus mengguyur dari awal sampai akhir lomba, tetapi semua peserta tidak patah semangat. Semua menunjukan performanya masing-masing dengan penuh percaya diri tanpa peduli betapa derasnya hujan yang menyerang mereka. Semua penonton merasa salut, berdecak kagum, bertepuk tangan, dan bersorak turut memberikan semangat dan dukungan hingga di garis finish. Dan hasilnya tidak sia-sia. Setelah pengumuman hasil lomba, ternyata ada salah satu pleton yang dapat memboyong piala juara II. Sungguh menggembirakan dan membanggakan.
            Untuk kategori lomba gerak jalan siswa SMP putra tingkat kecamatan, juga diikuti oleh para siswa sebanyak 5 pleton yang diadakan pada hari Rabu tanggal 7 Agustus 2013 startnya di Desa Putung dan finish di Lapangan Umum Selat yang dimulai pada pukul 7.30 Wita dan syukurnya tidak ada hujan waktu itu sehingga bisa dikatakan cuaca sangat bersahabat. Untuk kategori ini, hasilnya juga menggembirakan karena setelah diumumkan, ada 2 pleton yang dapat memboyong piala juara II dan juara III. Wajah-wajah siswa tampak sumringah dengan hasil yang mereka peroleh.
            Sedangkan untuk kategori lomba gerak jalan tingkat umum yang diikuti oleh para guru sebanyak 1 pleton putra dimana sebagai komandan pletonnya untuk kali ini yaitu I Made Budiarta, S. Pd. yang diadakan juga pada hari Rabu tanggal 7 Agustus 2013, startnya di Desa Putung dan finishnya juga di Lapangan Umum Selat yang dimulai pada pukul 7.30 Wita. Tahun ini performa pasukan pleton guru SMP Negeri 3 Selat memakai seragam biru yang seru. Pasukan terlihat penuh semangat dan percaya diri di sepanjang jalan yang dilalui sambil menyanyikan mars SMP Negeri 3 Selat sebagai berikut.
 
SMP Negeri 3 Selat,jaya
Dengan misinya mencerdaskan bangsa
Di sana tumbuh subur tunas-tunas bangsa
‘tuk meraih cita-cita

Belajar tanpa henti
Meraih prestasi
Dengan tekad suci
Harumkan nama bangsa
Ke seluruh negeri
Persembahan untuk ibu pertiwi

SMP Negeri 3 Selat, jaya
Dengan misinya mencerdaskan bangsa
Walau badai menghadang, dengan semangat tinggi
Kita pasti tetap jaya
Kita pasti tetap jaya

            Walaupun dari tahun 2009 semenjak SMP Negeri 3 Selat berdiri belum pernah mendapat juara untuk kategori yang satu ini, tetapi semangat dan ketetapan hati tidak akan pernah pudar. Karena satu keyakinan bahwa sudah tampil secara maksimal dan yang lebih penting yaitu untuk tetap menunjukan pada masyarakat bahwa SMP Negeri 3 Selat tetap eksis di segala bidang. Tentunya dengan harapan supaya lebih bisa meningkatkan kualitas dalam segala hal berdasarkan pengalaman-pengalaman yang telah didapatkan. Tetaplah jaya SMP Negeri 3 Selat. Jayalah selalu VIDYA PURUSOTAMA ÇANTHA.
Om Çanthi, Çanthi, Çanthi Om.
                                                                                                                                    (Budiarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar