BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA

PELANTIKAN PRAMUKA PENGGGALANG SMPN 3 SELAT 2014/2015



Awal tahun pelajaran baru merupakan awal seluruh kegiatan sekolah. Salah satunya adalah kegiatan ekstrakurikuler Pramuka gugus depan 05.009 dan 05.010 SMP Negeri 3 selat. Bertambah pula anggota Pramuka Penggalang yang berasal dari kelas 7 baru. Setelah kegiatan pelatihan dan pematangan tekpram dan mental kepramukaan, maka anggota baru Pramuka Penggalang tersebut tiba waktunya untuk dilantik menjadi anggota resmi gugus depan Pramuka Penggalang SMP Negeri 3 Selat.
Sabtu, Tanggal 8 Oktober 2014 Pramuka Penggalang baru SMP N 3 Selat dilantik secara adat kepramukaan oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus). Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari penuh dari pukul 06.30 Wita sampai dengan pukul 21.00 Wita yang diawali dengan kegiatan Yoga Asanas dan Senam Pramuka. Selaku Ketua Panitia Kegiatan Ketut Ngurah Artawan, S.Pd., M.Pd merinci kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan meiputi pemantapan materi tekpram (teknik kepramukaan) seperti dasar-dasar teori kepramukaan, sandi, morse, semapore, pendirian tenda, menaksir, kompas, peta pita, PBB tongkat, simpul dan pioneering. Disamping itu juga diberikan kegiatan ketangkasan dan ketelitian serta pembinaan mental dalam bentuk permainan-
permainan. Puncak kegiatan adalah prosesi pelantikan oleh Kamabigus dengan mengucapkan Tri satya dan dasa darma setelah diberikan tujuh tetes rasa sebagai simbolis siap merasakan suka duka dalam setiap meniti kehidupan baik saat belajar maupun  di masyarakat. Suasana khusuk dan haru saat semua Penggalang mencium bendera Merah Putih diiringi lagu Padamu Negeri.
Sebagai penutup kegiatan pelantikan, dan yang ditunggu-tunggu semua anggota pramuka adalah malam api unggun. Upacara api unggun dipimpin langsung oleh Kamabigus dengan diawali nyalanya api pancasila. Rasa sukur yang sangat terasa diantara anggota pramuka dan Pembina membuat semua bersatu dalam rigem yang sangat hidup. Secara bergantian Pembina memberikan rigem dalam malam api unggun. Pukul 09.00 Wita acara ditutup dengan salim dari pramuka penggalang kepada semua Pembina. Teruslah berkibar Pramuka Penggalang SMP Negeri 3 Selat. 
Salam Pramuka……










Tidak ada komentar:

Posting Komentar