BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA

PEMBAGIAN RAPORT dan PENGUMUMAN KELULUSAN T.A 2013-2014


Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan secara nasional mengenai pengumuman kelulusan Ujian Nasional tingkat SMP yang dijadwalkan pada tanggal 14 Juni 2014, SMP 3 Selat pun merancang sebuah acara yang terkait dengan pengumuman kelulusan bagi siswa kelas IX yang telah mengikuti Ujian Nasional. Acara pengumuman kelulusan ini disinkrunkan dengan acara pembagian raport bagi kelas VII dan kelas VIII. Melihat maraknya aksi corat-coret yang dilakukan siswa usai pengumuman kelulusan, untuk mengantisipasi terjadinya aksi serupa di SMPN 3 Selat maka pihak sekolah mewajibkan siswa kelas IX untuk berpakaian adat madya ke sekolah. 
Sementara untuk kegiatan acara pembagian raport, pihak sekolah mengundang orangtua dan wali siswa kelas VII dan VIII untuk mengambil raport anak-anaknya. Acara yang pertama dilaksanakan adalah pembagian raport yaitu dimulai pada pukul 08.00 Wita dengan didahului sedikit kata sambutan dari Kepala Sekolah dan Ketua Komite, sementara para orangtua/wali siswa berkumpul di teras kelas karena cuaca yang sedang gerimis. Usai beberapa kata sambutan, tibalah pada acara pengumuman Juara I, II, dan III di masing-masing kelas dan juga di masing-masing tingkat. Bagi para juara, sekolah memberikan penghargaan berupa piala, piagam dan bingkisan menarik yang diserahkan langsung kepada orangtua/wali siswa diserahkan oleh Kepala Sekolah, Ketua Komite dan juga Bapak Pengawas SMP yang kebetulan melakukan kunjungan ke SMPN 3 Selat. Selesai pengumuman dan penyerahan hadiah bagi para juara kelas dan juara umum, seluruh orangtua/wali siswa kemudian dikumpulkan di masing-masing kelas oleh para wali siswa untuk mendapatkan raport.
Setelah seluruh orangtua/wali siswa mendapatkan raport dan pulang ke rumah masing-masing, acara dilanjutkan dengan pengumuman kelulusan bagi siswa kelas IX. Seluruh siswa kelas IX yang sudah menunggu dari pagi dengan rasa cemas dikumpulkan di lapangan untuk selanjutnya mendapat sedikit pengarahan dari Kepala Sekolah kemudian selanjutnya siswa diberikan surat pengumuman oleh dewan guru yang berisi pernyataan lulus atau tidaknya siswa yang bersangkutan. Berbagai macam ekspresi yang ditunjukkan siswa setelah menggenggam surat di tangan mereka. Ekspresi yang tegang, santai, cemas, bahkan ada beberapa siswa yang menangis sambil memeluk teman-temannya dengan harapan mereka bisa lulus bersama-sama.
Yaaa....harapan mereka ternyata didengar oleh Ida Sang Hyang Widi Wasa, seluruh siswa kelas IX SMPN 3 Selat lulus 100% dengan nilai yang memuaskan. Ekspresi kebahagiaan semakin kental terasa baik di antara siswa maupun para guru. Beberapa siswa menangis sambil berpelukan, tanda kebahagiaan mereka dan rasa 'tak ingin berpisah di antara mereka. Dan 'tak lupa juga mereka mengucapkan banyak terima kasih kepada guru-guru yang mereka cintai.
"Selamat anak-anakku....kejarlah mimpi-mimpi dan cita-cita kalian setinggi mungkin dan jangan pernah lupakan kami saat kesuksesan menghampirimu kelak...." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar