BERSAMA MENCERDASKAN ANAK BANGSA

PERSARI…….BerSERI, BARU dan SERU...!!!

Pramuka merupakan salah satu bagian utama dalam penerapan Kurikulum 2013 yang lebih menekankan pada pendidikan karakter bagi siswa. Dalam Kurikulum 2013 tersebut juga, kegiatan Pramuka dijadikan sebagai ekstrakurikuler wajib bagi siswa dan menjadi materi yang wajib diselipkan oleh guru dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan dalam kegiatan pramuka memuat banyak sekali kegiatan-kegiatan yg bernilai positif yang dapat membentuk karakter siswa yang berani, disiplin, bertanggungjawab, saling menghormati, dapat dipercaya, tekun, peduli, jujur, tulus ikhlas, dan berintegritas tinggi. Mengingat pentingnya pendidikan pramuka bagi siswa, maka Pramuka Gugus Depan Karangasem 05.009-05.010 SMPN 3 Selat mengadakan suatu kegiatan PERSARI (Perkemahan Satu Hari) yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 15 Juni 2014 bertempat di Wantilan Pura Yehsah Desa Muncan-Selat.

Kegiatan Persari ini diikuti oleh 160 orang siswa anggota pramuka SMPN 3 Selat dengan didampingi oleh seluruh guru dan staf sekolah selaku Kakak Pembina Pramuka. Kegiatan diawali dengan napak tilas sejauh ± 19 km dari sekolah menuju lokasi Persari. Siswa berangkat dari sekolah pada pukul 06.30 Wita, dalam perjalanan selama ± 3 jam ini siswa disuguhi dengan pemandangan indah alam pedesaan, persawahan dan pegunungan. Kegiatan napak tilas ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap disiplin, patriotisme dan cinta tanah air Indonesia.
Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang, pada pukul 10.00 Wita seluruh anggota pramuka tiba di lokasi kegiatan. Selain diisi dengan kegiatan napak tilas, di lokasi Persari juga diadakan beberapa kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan dengan dipimpin oleh Kepala SMPN 3 Selat selaku Kamabigus. Kegiatan lainnya yaitu persembahyangan bersama, melukat di sumber mata air suci Yehsah, kerja bakti di sekitar lokasi perkemahan, pendirian tenda, santap siang, rigem, lomba-lomba, games, latihan baris berbaris dan ditutup dengan acara ramah tamah antara anggota pramuka dan seluruh Pembina.
Kegiatan berakhir pada pukul 18.00 Wita, seluruh anggota pramuka pulang ke rumah masing-masing dengan dijemput oleh orangtuanya ke lokasi. Selain sebagai langkah awal penyuksesan Kurikulum 2013, kegiatan Persari ini juga bertujuan sebagai ajang promosi, unjuk diri dan mendekatkan diri kepada masyarakat dan alam sekitar bahwa "inilah SMP Negeri 3 Selat (SPENTRIS) dan kamilah Pramuka Sejati Indonesia…!!!"

SALAM PRAMUKA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar